Rabu, Januari 24, 2007

Mengubah Sikap

Setiap perubahan dalam sikap manusia terjadi melalui pemahaman dan penerimaan internal. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang dapat membentuk ulang dan mencetak ulang dirinya sendiri dengan mengubah sikapnya. [John C. Maxwell]

Jadi langkah awal untuk mengubah diri seseorang ialah dengan mengubah sikap diri kita. Bagaimana mengubah sikap kita, tentu dengan mengubah kepercayaan kita. Sikap dibentuk dari berbagai kepercayaan yang kita miliki. Kepercayaan yang kita miliki ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif. Kita harus menghilangkan atau mengubah kepercayaan negatif tersebut.

Caranya mengubah kepercayaan negatif ialah dengan mengidentifikasikanya. Caranya sederhana, apa yang menjadi alasan Anda tidak mengejar apa yang Anda inginkan? Tuliskan alasan tersebut, itulah kepercayaan-kepercayaan negatif Anda. Tidak percaya? Mengapa tidak percaya? Alasan Anda tidak percaya konsep ini adalah kepercayaan negatif Anda.

Setelah Anda mendefinisikan kepercayaan negatif tersebut, tuliskan kemudian buat kalimat kebalikannya. Inilah yang akan menjadi kepercayaan baru Anda. Pikirkan kalimat kebalikannya, jika Anda masih belum bisa menerima menerima kepercayaan baru tersebut, tanya orang lain, cari bukti, baca buku, atau silahkan hubungi saya.

1 komentar:

haysmala mengatakan...

Salam kenal, saya tertarik dengan artikel "Mengubah Sikap". Singkat namun topiknya menarik untuk dibahas.

Saya malas untuk mengidentifikasi kelemahan diri saya sendiri. Apakah rasa malas ini yang menjadi kepercayaan negatif saya? Terima kasih.