Rabu, Maret 28, 2007

Batas realitas

Banyak yang tidak atau berhenti mengejar sesuatu karena percaya bahwa apa yang akan dia kejar adalah tidak realistis. Betulkah? Ada ukuran yang bisa menggambarkan batas realitas sebenarnya, yaitu jika orang lain bisa maka kita pun bisa. Konsep ini dikenalkan oleh seorang filsuf Inggris yang mengatakan “Satu-satunya alat yang dapat membuktikan bahwa sesuatu itu mampu dilakukan adalah: orang lain pernah melakukannya.”

Konsep ini juga menjadi salah satu konsep dasar NLP ( Neuro-Linguistic Programming), yang merupakan teknologi pengembangan diri paling populer saat ini, yang mengatakan hal yang sama. Jika orang lain maka Anda pun bisa. Jadi sebelum Anda mengatakan sesuatu itu realistis atau tidak, maka tanyakan apakah orang lain sudah ada yang melakukannya? Jika pernah ada yang bisa melakukan baik persis maupun mirip, maka apa yang sedang Anda kejar adalah realistis

2 komentar:

Anonim mengatakan...

pertanyaan saya: apakah yang dicapai oleh orang lain sesuai untuk kehidupan kita pribadi ? apa pula tips untuk kita meyakinkan diri apa yang dicapai orang lain adalah kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan menjauhi dkita dari apa neraka ?

Wiwi Widiyanti mengatakan...

Tentu tidak, pencapaian terbaik kita adalah sesuatu yang sesuai dengan nilai-nilai yang kita anut. Nilai-nilai setiap orang bisa berbeda.

Untuk meyakinkan bahwa sesuatu pencapaian itu sesuai dengan diri kita, kita perlu memahami secara mendalam tentang nilai-nilai yang kita anut.